Doa Masuk Ke Toilet Beserta Artinya
Doa Masuk Ke Toilet Beserta Artinya

Doa Masuk Ke Toilet Beserta Artinya

Memasuki toilet, baik untuk keperluan buang air kecil ataupun buang air besar, adalah salah satu hal yang paling umum dilakukan setiap hari. Bahkan, kita mungkin terbiasa melakukannya tanpa berfikir lagi. Namun, rupanya ada doa yang dianjurkan untuk dilafalkan ketika memasuki toilet.

Doa ini adalah doa wajib yang dilakukan oleh umat muslim. Meskipun tidak wajib bagi orang non muslim, doa ini bisa menjadi cara untuk menghormati ruang toilet dan memberi diri kita waktu untuk menyadari perlunya kebersihan. Doa masuk ke toilet ini biasanya disebut dengan doa istirja.

Arti Doa Istirja

Doa istirja berasal dari bahasa Arab yang berarti “meninggalkan”. Doa ini merujuk pada pengertian bahwa seseorang akan meninggalkan kondisi suci dan masuk ke dalam suatu tempat yang kurang suci. Doa ini, sebagaimana yang tercantum dalam Al-Quran, adalah:

“Bismillah, aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk.” (QS. An-Nahl: 98)

Kapan Harus Membaca Doa Istirja?

Doa istirja ini harus dibaca ketika masuk ke dalam toilet, baik itu untuk keperluan buang air kecil maupun buang air besar. Hal ini penting untuk dilakukan agar seseorang bisa menyadari bahwa ada perbedaan antara kondisi suci dan kondisi kurang suci. Doa ini juga bisa menjadi pengingat agar orang tetap bersikap bersih dan takut akan Allah ketika berada di dalam toilet.

Hukum Membaca Doa Istirja

Membaca doa istirja adalah hal yang disarankan oleh para tokoh agama. Doa ini merupakan salah satu cara untuk mengingatkan orang untuk tetap bersikap bersih dan takut akan Allah ketika berada di dalam toilet. Doa ini juga bisa menjadi pengingat untuk menyadari perbedaan antara kondisi suci dan kondisi kurang suci.

Meskipun doa istirja adalah hal yang disarankan, hal ini bukan berarti hal ini merupakan kewajiban bagi setiap orang. Bagi orang non muslim pun, doa istirja adalah sesuatu yang bisa dilakukan untuk menghormati ruang toilet dan menyadari perlunya kebersihan.

Bacaan Doa Masuk Toilet Lainnya

Selain doa istirja, terdapat juga beberapa doa lain yang bisa dibaca ketika masuk ke toilet. Doa yang paling umum adalah doa “Allahu Akbar”. Doa ini bisa dibaca saat memasuki toilet dan saat keluar dari toilet. Doa ini berarti “Allah Maha Besar” dan merupakan cara untuk menyembah Allah.

Doa lainnya yang bisa dibaca saat memasuki toilet adalah “Subhanakallahumma wa bihamdika, ash hadu an laa ilaaha illa anta astagfiruka wa atubu ilayk”. Doa ini berarti “Maha Suci Engkau Ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah selain Engkau, aku memohon ampunan dan bertobat kepada-Mu”.

Kesimpulan

Membaca doa masuk ke toilet adalah salah satu cara untuk mengingatkan kita untuk tetap bersikap bersih dan takut akan Allah ketika berada di dalam toilet. Doa yang paling umum adalah doa istirja, yang berasal dari bahasa Arab dan berarti “meninggalkan”. Selain itu, ada juga beberapa doa lain yang bisa dibaca saat memasuki toilet, seperti doa “Allahu Akbar” dan “Subhanakallahumma wa bihamdika, ash hadu an laa ilaaha illa anta astagfiruka wa atubu ilayk”.

Kesimpulan

Doa masuk ke toilet adalah salah satu cara untuk mengingatkan orang untuk bersikap bersih dan takut akan Allah ketika berada di dalam toilet. Doa yang paling umum adalah doa istirja, yang berasal dari bahasa Arab dan berarti “meninggalkan”. Selain itu, ada juga beberapa doa lain yang bisa dibaca saat memasuki toilet, seperti doa “Allahu Akbar” dan “Subhanakallahumma wa bihamdika, ash hadu an laa ilaaha illa anta astagfiruka wa atubu ilayk”.