Mengetahui Doa Agar Langit Cerah dan Tidak Hujan
Mengetahui Doa Agar Langit Cerah dan Tidak Hujan

Mengetahui Doa Agar Langit Cerah dan Tidak Hujan

Doa agar langit cerah dan tidak hujan ini dapat kamu amalkan saat langit mendung atau hujan tidak kunjung reda. Pada saat intensitas hujan ini tinggi, bisa saja mengakibatkan bencana banjir hingga tanah longsor.

Kerusakan alam sudah bukan rahasia lagi. dengan kerusakan tersebut seringkali mengundang bencana yang mengerikan. Rusaknya ekosistem hutan, terbukanya lahan akan mengurangi serapa air akibatnya bisa terjadi genangan air di permukaan tanah.

Air dalam jumlah tertentu dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, jika berlebihan akan menjadi bencana. Terlebih di daerah perkotaan yang daerah serapan airnya kurang, musim penghujan adalah hal yang seringkali menyebabkan bencana banjir. Sehingga, sebagai manusia dapat mencoba dengan mengamalkan doa agar langit cerah dan tidak hujan.

Fenomena alam ini merupakan suatu bukti kebesaran Tuhan. Dengan adanya fenomena tersebut maka akan menyeimbangkan alam. Sepatutnya sebagai manusia untuk mensyukuri nikmat yang diberikan Tuhan kepada umat-Nya.

Dalam Islam fenomena ini memiliki keistimewaan bahwa sesuai dengan perkataan Rasulullah bahwa ada dua waktu untuk berdoa dan doanya akan dikabulkan, yaitu doa saat adzan dan doa ketika turun hujan.

Untuk itu, kadang seseorang menginginkan agar kejadian tersebut segera berhenti. Meski hujan adalah kehendak Allah SWT, namun sebagai umat muslim dapat meminta ke pada yang maha kuasa agar hujan memberikan manfaat.

Ada juga Rasulullah mengajarkan tentang doa agar langit cerah dan tidak hujan yang bisa digunakan ketika hujan tidak berkesudahan. Kamu juga dapat membacanya pada saat hendak bepergian dan tidak terhalang oleh derasnya guyuran hujan.

Air adalah kebutuhan utama manusia, salah satunya dapat diperoleh pada saat terjadinya hujan. Hujan juga memiliki banyak manfaat untuk kehidupan. Namun, jika intensitasnya terlalu berlebihan bisa menyebabkan bencana alam.

Hujan yang turun ke bumi adalah semata-mata tujuannya untuk menghidupkan segala sesuatu di dunia. Menyediakan air minum untuk setiap makhluk. Serta ini adalah salah satu tanda kebesaran dan kekuasaan Allah SWT.

Amalan Pada Saat Terjadi Hujan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah ke padamu. Bersyukur tidak hanya pada saat mendapatkan kebahagiaan atau rezeki nompok lainnya. Namun manusia harus senantiasa bersyukur atas apa yang diberikan Alllah SWT.

Mengucap syukur pada saat hujan termasuk disunnahkan dan dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Maka, kamu dapat mengikuti cara baik rasulullah dalam menerima berkah yang diberikan ke pada umat manusia. Namun, bukan berarti jika meminta doa agar langit cerah dan tidak hujan, kamu tidak bersyukur.

Hal kedua adalah adalah mengambil berkah dari fenomena ini. ini adalah suatu nikmat dan anugerah dari Tuhan. Maka Rasulullah selalu mengambil berkah dari anugerah yang diturunkan kepada manusia ini.

Kamu mungkin kadang memiliki perasaan jengkel ketika tiba-tiba hujan di saat genting, namun, hendaknya kamu tidak mengutarakan hal buruk tentang hujan. Rasulullah telah melarang kepada umatnya untuk mencela hujan.

Amalan selanjutnya adalah berwudhu dengan air tersebut. Ini sesuai dengan yang diriwayatkan bahwasanya Nabi Muhammad mengatakan untuk keluar menuju ke air dan dijadikan sebagai alat untuk bersuci.

Setelah hujan reda juga kamu harus tetap bersyukur kepada sang pencipta. Namun, jika kamu menginginkan hujan agar segera reda maka bisa juga meminta ke pada Allah dan memanjatkan doa agar langit cerah dan tidak hujan.

Keutamaan Berdoa Saat Hujan Datang

Terdapat waktu istimewa yang akan membuat doa di kabulkan. Salah satunya adalah pada saat berlangsungnya hujan. amalan ini juga dikerjakan oleh Rasulullah SAW ketika terjadi fenomena alam ini.

Namun, dengan peristiwa ini, kadang ada orang yang merasa gelisah. Terlebih jika menghalangi aktivitas yang harus segela diselesaikan. Akibatnya banyak yang mengeluh dengan kejadian tersebut. Tidak perlu mengeluh kamu dapat mengamalkan doa agar langit cerah dan tidak hujan.

Sebenarnya hujan adalah salah satu waktu baik untuk bermunajat dan meminta doa kepada Allah SWT. Ini diriwayatkan dalam banyak hadits dan telah dilakukan sendiri oleh Muhammad semasa hidupnya.

Tidak hanya berdoa pada saat itu, namun Muhammad menitipkan pesan untuk umat manusia agar senantiasa mengambil manfaatnya dan menjadikannya sebagai peristiwa penting dan sangat baik jika memanjatkan doa kepada-Nya.

Rasulullah dalam sabdanya menganjurkan untuk berdoa di waktu mustajab. Diantaranya adalah saat terjadi perang, iqamah shalat dan saat hujan turun. Maka rentang waktu terjadinya adalah salah satu waktu mustajab yang disebut Muhammad SAW.

Doa Lainnya Ketika Hujan Tiba

Salah satu berkah yang diberikan ke pada umat manusia adalah air. Air bermanfaat untuk menghidupkan seluruh makhluk hidup dan menunjang aktivitas. Air bisa didapat dari hujan, untuk itu, hujan adalah hal yang harus disyukuri.

Meski ada yang dimaksud hujan buatan, namun sepenuhnya fenomena datang dan terhentinya menurut kehendak Allah SWT. Namun, sebagai manusia juga dapat mengusahakan dengan cara berdoa kepada-Nya seperti doa agar langit cerah dan tidak hujan.

Namun, sebelumnya, pada saat hujan sampai ke bumi maka jangan lupa untuk membaca ”Allahumma Sayyiban Nafi’an” yang artinya “ Ya Allah Jadikanlah hujan yang turun memberikan manfaat.”Doa ini menurut Ibnu Bathol bahwa Haditz tersebut untuk menambah kebaikan, keberkahan dan manfaat bertambah.

Ada juga doa pada saat terjadinya serta diiringi dengan hembusan angin kencang. Maka kamu bisa membaca:

Allohumma inni as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a’udzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.

Artinya:

” Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan dari angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau datangkan bersamanya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya.”

Musibah juga merupakan hal yang tidak disangka-sangka, maka bacalah doa ini agar kamu terhindar musibah ketika hujan selain membaca doa agar langit cerah dan tidak hujan.

Bismillahilladzi la yadhurru ma’asmihi syaiun fillardhi wala fissamai wahuwas-sami’ul ‘alim.

Artinya:

” Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat), dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Doa Agar Langit Cerah dan Tidak Hujan

Rasulullah pernah mengajarkan hal ini pada saat di tempatnya dahulu diguyur hujan yang tidak kunjung berhenti. Pada saat itu, hujan membawa kerusakan pada jalan-jalan dan menyebabkan makanan busuk.

Adapun bunyi doa agar langit cerah dan tidak hujan seperti berikut:

Allahumma haawalaina wa laa ‘alaina. Allahumma ‘alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya:

” Ya Allah, turunkanlah hujan yang tidak merusak di sekitar kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, sebagian anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan tanaman.”

Syaikh Sholih As Sadlan berpendapat bahwa doa ini sebaiknya di baca ketika intensitasnya sudah semakin lebat. jika terus berlanjut makan akan menyebabkan dampak yang berbahaya bagi manusia, maka bacalah doa agar langit cerah dan tidak hujan.

Dalam Hadits Bukhari no. 1014 Muslim dan Muslim no. 897 Anas Bin malik bahwa doa ini dapat digunakan saat hujan tidak ada tanda-tanda berhenti selama seminggu. Kemudian Nabi Muhammad melapazkan doa ini dan meminta agar cuaca dapat kembali cerah.

Tidak ada tata cara khusus yang perlu dilakukan untuk memanjatkan doa ini. untuk itu, setelah mengucapkan doa ini, maka serahkan segalanya kepada Allah SWT yang maha mengetahui dan maha menentukan.

Apakah Boleh Percaya Pawang Hujan?

Beberapa waktu lalu saat pagelaran MotoGP di Indonesia yang dikatakan sukses berkat seorang pawing hujan perempuan. Namun pertanyaannya apakah dalam Islam boleh percaya dengan hal ini?

Dikatakan bahwa perbuatan tersebut adalah haram karena pawang termasuk dukun. Dukun akan meminta bantuan jin untuk menahan atau menggeser hujan. Ini berbeda dengan doa agar langit cerah dan tidak hujan.

Mempercayai pawing hujan sama halnya melanggar ketentuan Allah. Jadikan Allah sebagai satu-satunya penentu segala peristiwa termasuk hujan ini. tidak perlu menggunakan pawing hujan, cobalah untuk membaca doa yang ada sebelumnya. Dengan izinnya maka doa akan dikabulkan serta mendapatkan berbagai manfaat dari-Nya.

Hal yang bisa dilakukan jika ingin memulai sebuah acara adalah berdoa agar dilancarkan dalam acara apapun nantinya. Kamu juga bisa memilih untuk meminta di doakan oleh orang alim agar hujan tidak turun waktu acara tersebut.

Namun beda halnya bila seseorang berdoa kepada Allah agar diberikan kelancaran pada acaranya nanti. Pilihan lainnya adalah meminta didoakan oleh orang alim atau shaleh agar tidak hujan seperti ulama. Namun, kembali bahwa hanya Allah yang tahu waktu tersebut.

Tata Cara Doa Langit Cerah dan Tidak Hujan

Ada tata cara yang harus kamu ikuti jika ingin menggunakan doa agar langit cerah dan tidak hujan. ini sesuai dengan yang dilakukan oleh Rasulullah ketikan meminta doa tersebut pada saat terjadinya hujan di Madinah yang terjadi seminggu lamanya.

Pertama harus memanjatkan doa yang dng dimaksud sebanyak 3 kali sesuai yang dikerjakan oleh Muhammad SAW. Mengikuti ajaran Nabi adalah hal terbaik agar kiranya doa dapat di jabah.

Kedua, adalah mengamalkan doa yang disunnahkan tersebut dengan meminta bantuan kepada orang yang ahli dalam agama. Misalnya dengan meminta bantuan seorang ustadz atau alim ulama.

Terlebih dahulu pada saat kamu ingin meminta bantuan, kamu harus menyampaikan tujuan agar didoakan dengan doa agar langit cerah dan tidak hujan. Sampaikan keadaan dengan sebenar-benarnya kepada orang tersebut. Seperti halnya yang dilakukan sahabat Rasulullah ketika memintanya untuk berdoa kepada Allah SWT.

Meski meminta doa untuk meminta hujan berhenti. Namun, ini berbeda dengan peristiwa yang melibatkan pawing hujan tadi. Pada saat berdoa kamu secara langsung meminta agar hujan dipindahkan ke tempat lain agar dihindarkan dari kerugian.

Hal tersebut adalah kehendak Allah sepenuhnya. Pihak yang berdoa hanya melakukan doa dan hasil akhirnya tetap pada ketentuan sang maha pencipta yang menciptakan segala hal di bumi ini dengan sebaik-baiknya.

Ketentuan dikabulkannya doa ini hanya Allah yang tahu. Manusia hanya harus berusaha sebaik mungkin agar doanya dapat terkabul serta mendapatkan segala manfaat dari segala peristiwa di muka bumi ini termasuk hujan.

Hujan adalah suatu fenomena alam yang terjadi di berbagai belahan dunia. Turunnya butiran air ke bumi ini akan memberikan banyak manfaat. Namun, jika intensitasnya berlebihan maka akan menyebabkan bencana seperti banjir. Maka kamu dapat membaca doa agar langit cerah dan tidak hujan.