Doa Perjalanan dan Artinya yang Perlu Diketahui
Doa Perjalanan dan Artinya yang Perlu Diketahui

Doa Perjalanan dan Artinya yang Perlu Diketahui

Ketika kita akan melakukan perjalanan, baik itu perjalanan jauh maupun dekat, ada baiknya kita berdoa terlebih dahulu. Doa perjalanan yang biasa dilakukan adalah doa untuk keamanan selama perjalanan. Doa ini memiliki arti yang sangat dalam dan juga berfaedah. Berikut adalah beberapa doa perjalanan yang biasa dilakukan.

Doa Perjalanan ke Mekkah

Doa ketika berpergian ke Mekkah ini biasanya dibaca ketika berangkat dari rumah. Doa ini berbunyi: “Allahumma inni as’alukal ‘afwa wal ‘afiyah fi rizqiy wa fi ‘amaliy wa fi safarati wa fi muddatihi wa fi masa’irihi wa fi kulli mahalli bi-haqqi rizqika wa hajahatika wa nihmatika wa ‘azamatika wa qahrika wa karami-ka wa ‘izzatika wa husni maqamika wa ‘azimatika wa jalalika wa jamalika wa ala ma qaddamtu wa a’lau wa a’lamu bi-ma tasifu bihi.” Artinya, “Ya Allah, aku mohon kepada-Mu keselamatan dan keberkahan dalam rezeki, pekerjaan, perjalanan, masa yang ditempuh, tempat yang dikunjungi, semua tempat dengan hak rezeki-Mu, hajat-Mu, nikmat-Mu, keagungan-Mu, qahar-Mu, kemuliaan-Mu, kemulyaan-Mu, kemuliaan tempat kedudukan-Mu, keagungan-Mu, kebesaran-Mu dan di semua tempat yang telah Engkau tetapkan.”

Doa Perjalanan Sunnah

Doa ini merupakan doa sunnah yang biasa dibaca sebelum berpergian. Doa ini berbunyi: “Allahumma inni as’aluka bi-rahmatika, wa bi-fadhlika, wa bi-amani-ka, wa bi-khuwati-ka, wa bi-hikmatika, wa bi-qudratika, wa bi-‘azamatika, an tuqda bismi wa ta’lamu.” Artinya, “Ya Allah, aku mohon dengan rahmat-Mu, kelebihan-Mu, aman-Mu, kekuatan-Mu, hikmah-Mu, kekuasaan-Mu, dan keagungan-Mu, hendaklah Engkau mengetahui dan mengetahui segala sesuatu.”

Doa Perjalanan Jauh

Doa ketika berpergian jauh ini biasanya dibaca untuk meminta perlindungan kepada Allah selama perjalanan. Doa ini berbunyi: “Allahumma inni a’udhu bika minal-harami wa minal-janbi wa minal-jahri fi safarati.” Artinya, “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan, gangguan jin, dan fitnah dalam perjalananku.”

Doa Ketika Naik Kendaraan

Doa ketika naik kendaraan ini biasanya dibaca ketika berada di dalam mobil, pesawat, atau kendaraan umum lainnya. Doa ini berbunyi: “Allahumma inni a’udhu bika mina hamazati al-shayatin wa a’udhu bika minal-harami wa a’udhu bika minal-janbi wa a’udhu bika minal-jahri fi safarati.” Artinya, “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari godaan setan dan aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan dan aku berlindung kepada-Mu dari gangguan jin dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah dalam perjalananku.”

Doa Ketika Tiba di Tempat Tujuan

Doa ini biasanya dibaca ketika tiba di tempat tujuan. Doa ini berbunyi: “Allahumma laka alhamdu, wa anta nahnu nashiru wa anta nahnu muntasiru.” Artinya, “Ya Allah, kepada-Mu segala puji, dan kami benar-benar berserah dan kami benar-benar memohon perlindungan.”

Doa Selamat Jalan

Doa ini biasanya dibaca ketika akan pulang dari suatu tempat. Doa ini berbunyi: “Allahumma hawwin alainaa safarana waquma alainaa hubbana waqina alainaa shaqwana wa a’afin alainaa khawfan.” Artinya, “Ya Allah, mudahkanlah perjalanan kami, lancarkanlah hubungan kami, hentikanlah kegaduhan kami, dan jauhkanlah ketakutan kami.”

Doa Sebelum Bermalam

Doa ini biasanya dibaca sebelum bermalam di tempat tujuan. Doa ini berbunyi: “Allahumma innaa a’udzu bika minal-bukhli wa al-harami wa a’udzu bika minal-janbi wa al-jahri fi safarati.” Artinya, “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan dan kejahatan dan aku berlindung kepada-Mu dari gangguan jin dan fitnah dalam perjalananku.”

Kesimpulan

Doa perjalanan merupakan doa yang sangat penting untuk dilakukan agar selamat selama berpergian. Doa ini memiliki arti yang dalam dan juga bermanfaat untuk meminta perlindungan dan keselamatan kepada Allah SWT. Ada banyak doa perjalanan yang dapat Anda baca sesuai dengan tujuan dan tujuan perjalanan Anda.