Doa Masuk WC Bahasa Arab dan Artinya
Doa Masuk WC Bahasa Arab dan Artinya

Doa Masuk WC Bahasa Arab dan Artinya

Doa masuk wc atau mandi adalah salah satu doa yang ada di dalam agama Islam. Doa ini berfungsi untuk memohon perlindungan dan pengampunan dari Allah SWT ketika kita hendak memasuki ruang mandi. Doa ini juga menjadi ungkapan syukur kita kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikanNya. Doa masuk wc dalam bahasa Arab dan artinya dapat kita simak sebagai berikut.

Doa Masuk WC Bahasa Arab

Doa masuk wc dalam bahasa Arab adalah sebagai berikut: بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلاَ يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ وَلاَ يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ.

Arti Doa Masuk WC

Berikut adalah arti doa masuk wc bahasa Arab di atas: “Dengan nama Allah Yang Maha Esa, yang tidak ada ilah yang berhak disembah selain Dia, Yang Maha Hidup, Yang berdiri Sendiri dan tidak ada yang dapat mencegah apa yang telah Dia tetapkan. Dia mempunyai segala sesuatu yang ada di langit dan di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafa’at tanpa izin-Nya? Dia mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan apa yang ada di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu pun dari ilmu-Nya melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kerajaan-Nya meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa letih untuk menjaga keduanya. Dan Dia Maha Tinggi lagi Maha Agung.”

Tata Cara Doa Masuk WC

Cara melakukan doa masuk wc adalah sebagai berikut: pertama, baca doa masuk wc bahasa Arab di atas. Kedua, berdiri dengan kedua tangan terbuka. Ketiga, lafalkan doa dengan lembut dan jelas. Keempat, tutup doa dengan membaca doa basmalah. Setelah itu, kita sudah dapat memasuki ruang mandi.

Manfaat Doa Masuk WC

Doa masuk wc memiliki beberapa manfaat antara lain sebagai berikut. Pertama, doa ini akan membawa berkah dan kesehatan bagi pembacanya. Kedua, doa ini akan membantu mencegah berbagai macam penyakit yang dapat menyerang ketika kita sedang mandi. Ketiga, doa ini akan membawa rahmat dan keselamatan bagi pembacanya. Keempat, doa ini juga dapat membimbing kita dalam menjalani hidup yang selalu dalam lindungan Allah SWT.

Doa Selesai Mandi

Selain doa masuk wc, dalam agama Islam juga terdapat doa selesai mandi. Doa ini dibaca setelah selesai mandi. Doa selesai mandi bahasa Arab adalah sebagai berikut: الحَمْدُ للهِ الَّذِي أَذْهَبَ عَنِّي الْأَذَى وَعَافَانِي.

Arti Doa Selesai Mandi

Berikut adalah arti doa selesai mandi bahasa Arab di atas: “Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kotoran dariku dan telah memberiku kesembuhan.”

Kesimpulan

Doa masuk wc atau mandi adalah salah satu doa yang ada di dalam agama Islam. Doa ini berfungsi untuk memohon perlindungan dan pengampunan dari Allah SWT ketika kita hendak memasuki ruang mandi. Doa masuk wc dalam bahasa Arab dan artinya dapat kita simak di atas. Selain itu, juga terdapat doa selesai mandi yang dapat kita lafalkan setelah selesai mandi.