Doa Istikharah Arab dan Artinya dalam Bahasa Indonesia
Doa Istikharah Arab dan Artinya dalam Bahasa Indonesia

Doa Istikharah Arab dan Artinya dalam Bahasa Indonesia

Doa Istikharah adalah salah satu bentuk doa yang diajarkan oleh agama Islam. Doa Istikharah berasal dari bahasa Arab, dan diartikan sebagai “memohon petunjuk”. Dengan mengamalkan doa Istikharah, kita bisa mengetahui keputusan yang terbaik dalam suatu situasi, dan bisa mendapatkan petunjuk dari Allah SWT. Doa ini merupakan doa yang diutamakan oleh Nabi Muhammad SAW, dan diperintahkan untuk semua umat Islam untuk selalu mengamalkannya. Dalam artikel ini, kita akan membahas doa Istikharah Arab dan artinya dalam bahasa Indonesia.

Doa Istikharah Arab

Doa Istikharah dalam bahasa Arab adalah “اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَا أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلَا أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوبِ”.

Arti Doa Istikharah dalam Bahasa Indonesia

Doa Istikharah dalam bahasa Indonesia berbunyi: “Ya Allah, sesungguhnya aku meminta petunjuk kamu dengan ilmu-Mu dan aku meminta kekuatan kamu dengan kekuatan-Mu. Aku memohon kepada-Mu keutamaan-Mu yang agung, karena sesungguhnya Engkau Maha Kuasa dan aku tidak kuasa. Engkau Maha Mengetahui dan aku tidak mengetahui. Dan Engkau Maha Mengetahui hal yang ghaib”.

Tata Cara dan Waktu Mengamalkan Doa Istikharah

Untuk mengamalkan doa Istikharah, ada beberapa tata cara yang harus diikuti. Pertama, kamu harus berwudhu terlebih dahulu. Kedua, kamu harus menghadap ke arah kiblat. Ketiga, sebelum baca doa Istikharah, kamu harus berdoa dulu dengan doa yang kamu sukai. Kemudian, kamu bisa mulai membaca doa Istikharah. Terakhir, kamu bisa beristighfar sesudah membaca doa Istikharah. Doa Istikharah bisa dilakukan pada waktu manapun, baik di pagi, sore, atau malam hari. Namun, doa Istikharah yang paling utama dilakukan adalah di malam hari.

Keutamaan Doa Istikharah

Mengamalkan doa Istikharah memiliki banyak keutamaan. Salah satu keutamaan adalah akan mendapatkan petunjuk dari Allah SWT. Dengan mengamalkan doa Istikharah, kita bisa mengetahui apakah suatu keputusan yang akan kita ambil adalah yang terbaik atau tidak. Doa Istikharah juga bisa membantu kita untuk menghindari dari hal-hal yang buruk dan bencana. Dengan mengamalkan doa Istikharah, kita juga bisa mendapatkan keberkahan dan kelapangan rezeki dari Allah SWT.

Hikmah Mengamalkan Doa Istikharah

Selain memiliki keutamaan-keutamaan, mengamalkan doa Istikharah juga memiliki hikmah tersendiri. Salah satu hikmah adalah kita akan mengetahui bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita adalah dengan izin dan kehendak Allah SWT. Kita juga akan mengetahui bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah yang terbaik dan terbaik bagi kita. Dengan mengamalkan doa Istikharah, kita juga akan mengetahui bahwa Allah SWT selalu ada untuk kita dan akan selalu mendengar doa-doa kita.

Doa Istikharah Sebagai Sumber Ketenangan dan Ketentraman

Doa Istikharah juga dapat menjadi sumber ketenangan dan ketentraman bagi orang yang mengamalkannya. Dengan mengamalkan doa Istikharah, kita bisa merasa tenang dan tenang karena kita tahu bahwa Allah SWT adalah yang terbaik dan terbaik bagi kita. Kita juga akan merasa bahwa kita tidak sendiri dan Allah SWT selalu mendengar doa-doa kita. Doa Istikharah juga bisa menjadi sumber ketenangan dan ketentraman bagi orang yang mengalami masalah dan kesulitan dalam hidupnya.

Kesimpulan

Doa Istikharah adalah salah satu doa yang dianjurkan oleh agama Islam. Doa Istikharah berasal dari bahasa Arab, dan diartikan sebagai “memohon petunjuk”. Dengan mengamalkan doa Istikharah, kita bisa mengetahui keputusan yang terbaik dalam suatu situasi, dan bisa mendapatkan petunjuk dari Allah SWT. Doa ini merupakan doa yang diutamakan oleh Nabi Muhammad SAW, dan diperintahkan untuk semua umat Islam untuk selalu mengamalkannya. Doa Istikharah memiliki banyak keutamaan, hikmah, dan dapat menjadi sumber ketenangan dan ketentraman bagi orang yang mengamalkannya. Mari kita terus mengamalkan doa Istikharah untuk mendapatkan petunjuk dari Allah SWT.