Ekonomi Iptek

Ide StartUp Unicorn Berasal Dari Sesuatu

Written by hidayah news

JAKARTA-¬†Hidayahnews.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengapresiasi ide para founder startup unicorn di Indonesia yang dianggapnya mengubah sesuatu yang “receh” menjadi sebuah emas. Ide-ide receh tersebut membuat para perusahaan ini bisa memiliki status unicorn atau bisnis dengan valuasi US$1 miliar.

“Mereka ini yang tadinya memikirkan yang Anda tidak pikirkan. Ternyata jadi bisnis. Mereka menghubungkan yang tadinya anda anggap sepele, yang kecil dan ternyata kalau skala bisnisnya ditingkatkan bisa jadi miliar dan triliun,” ujar Sri Mulyani di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Rabu (27/2).

Ia memberi contoh salah satu platform pembayaran Gopay yang disebut awalnya melakukan survei terhadap perilaku belanja ibu-ibu arisan. Survei ini kemudian dilakukan untuk menganlisis perputaran uang ibu-ibu peserta arisan.

“Saya lihat Gojek, Gopay, mereka kerjaannya nongkrongin ibu-ibu arisan. Mereka hanya ingin tahu dengan putaran duit yang kecil. Hanya untuk arisan, beli panci, itu mereka perahtikan detil. Karena setiap rupiah beredar itu artinya bisnis dengan mereka,” ucapnya.

Lebih lanjut, Sri Mulyani mengatakan ide juga harus diiringi dengan ketelatenan. Ia mengatakan segala usaha sukses bisa dimulai dengan cara memerhatikan hal-hal kecil yang seringkali dilewatkan orang.

“Semua konglomerat kita di sini yang sekarang menjadi besar, dulu mulainya dari kecil. Mereka juga mulai dari melihat detail kecil yang tidak dilihat orang lain,” imbuhnya.

Sri Mulyani menjelaskan peran pemerintah adalah menyediakan kesamaan level playing field sehingga semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk membangun usaha rintisan. Salah satunya adalah pembangunan infrastruktur jaringan dari Sabang sampai Merauke.

“Dan kita fasilitasi dengan infrastruktur agar anda tak terbebani ongkos birokarasi, ongkos transportasi, ongkos listrik, semua kita coba address. Agar semua merasakan level playing field-nya makin tersedia dan besar,” tuturnya.

About the author

hidayah news

Leave a Comment