Doa Makan dan Artinya Satu Persatu
Doa Makan dan Artinya Satu Persatu

Doa Makan dan Artinya Satu Persatu

Apa itu Doa Makan?

Doa makan adalah sebuah ungkapan yang dilakukan oleh umat muslim ketika hendak makan. Doa makan ini harus dibaca sebelum dan sesudah makan. Doa makan ini bertujuan agar Allah SWT memberikan rahmat dan berkah kepada orang yang membacanya. Doa makan ini juga adalah bentuk ketaatan dan rasa syukur terhadap Allah SWT. Melalui doa makan, kita bisa mengungkapkan rasa syukur kita atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Doa Makan Sebelum Makan

Doa makan sebelum makan dapat dibaca dengan menggunakan bahasa Arab dan juga bahasa Indonesia. Doa makan sebelum makan yang dalam bahasa Arab adalah sebagai berikut:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Ya Allah, berkahilah kami dengan rezeki yang Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa neraka.

Doa Makan Sesudah Makan

Doa makan sesudah makan juga dapat dibaca dengan menggunakan bahasa Arab dan bahasa Indonesia. Doa makan sesudah makan yang dalam bahasa Arab adalah sebagai berikut:

الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلَيْنَا الْجُوْعَ وَآَثَارَهُ وَجَعَلَنَا مِنْهُ رُزُقًا

Artinya: Segala puji hanya bagi Allah yang telah menurunkan kelaparan di atas kami dan memberikan akibatnya dan Dia menjadikan rezeki dari kelaparan itu.

Doa Makan yang Dapat Dibaca Saat Sedang Makan

Selain doa makan sebelum dan sesudah makan, kita juga bisa membaca doa makan saat sedang makan. Doa makan saat sedang makan yang dalam bahasa Arab adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَأَطْعِمْنَا خَيْرًا مِنْهُ

Artinya: Ya Allah, berkahilah kami dengan rezeki yang Engkau berikan kepada kami dan berilah kami makanan yang lebih baik dari itu.

Doa Makan yang Dapat Dibaca Saat akan Minum

Kita juga dapat membaca doa sebelum minum. Doa sebelum minum yang dalam bahasa Arab adalah sebagai berikut:

اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ

Artinya: Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar.

Doa Makan yang Dapat Dibaca Saat Makan Buah-buahan

Kita juga bisa membaca doa makan sebelum dan sesudah makan buah-buahan. Doa makan sebelum makan buah-buahan yang dalam bahasa Arab adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا أُطْعِمْنَا وَتَطْبِيْعِنَا فِيْهِ

Artinya: Ya Allah, berkahilah kami dengan makanan yang Kami makan dan karuniakanlah rahmat kepada kami.

Doa Makan yang Dapat Dibaca Saat Makan Sayur-sayuran

Kita juga dapat membaca doa makan sebelum dan sesudah makan sayur-sayuran. Doa makan sebelum makan sayur-sayuran yang dalam bahasa Arab adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا أُطْعِمْنَا وَتَطْبِيْعِنَا فِيْهِ

Artinya: Ya Allah, berkahilah kami dengan makanan yang Kami makan dan karuniakanlah rahmat kepada kami.

Kesimpulan

Doa makan adalah ungkapan yang dilakukan oleh umat muslim ketika hendak makan. Doa makan ini harus dibaca sebelum dan sesudah makan. Dengan membaca doa makan, kita bisa mengungkapkan rasa syukur kita atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Doa makan ini dapat dibaca dengan menggunakan bahasa Arab dan juga bahasa Indonesia.