Doa Naik Kendaraan Udara dan Artinya
Doa Naik Kendaraan Udara dan Artinya

Doa Naik Kendaraan Udara dan Artinya

Doa naik kendaraan udara atau doa tawakal adalah doa yang dibaca ketika menaiki pesawat, helikopter, balon udara, dll. Doa ini mengingatkan kita untuk berserah diri kepada Allah dan meminta perlindungan kepada-Nya. Doa ini juga mengajak kita untuk mengingat Allah dan menyadari bahwa hanya Dia yang kuat dan berkuasa untuk menolong kita.

Doa naik kendaraan udara tidak hanya dibaca ketika menaiki pesawat atau helikopter. Hal ini juga dibaca ketika kita akan pergi ke suatu tempat menggunakan berbagai transportasi, seperti bus, mobil, sepeda, dan lainnya. Doa ini mengingatkan kita untuk memohon kepada Allah perlindungan dan keselamatan selama perjalanan.

Doa Naik Kendaraan Udara dan Artinya

Berikut adalah doa naik kendaraan udara dan artinya:

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ (A’udzu billahi minash-shaytānir-rajīm)

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk.”

وَسَلَّمْ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ (Wasallam ‘alainā wa ‘ala ‘ibādillahi-sh-shālihīn)

Artinya: “Semoga keselamatan dan keberkahan diberikan kepada kita dan hamba-hamba Allah yang soleh.”

وَأَحْيِنَا بِكَ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةَ (Wa ahynā bika-l-hayātad-dunyā wa-l-ākhirata)

Artinya: “Dan berikanlah kepada kami kehidupan dunia dan akhirat yang baik.”

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ رَحْمَةَكَ وَالْعَافِيَةَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ (Allāhumma innī as’aluka rahmataka wa-l-‘āfiyata wa a’udzu bika min sharri mā ajidu wa uḥādhiru)

Artinya: “Ya Allah, aku meminta kepada-Mu rahmat dan keselamatan. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang aku rasakan dan yang aku takuti.”

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِي بَدَنِي وَالْعَافِيَةَ فِي سَمْعِي وَالْعَافِيَةَ فِي بَصَرِي وَالْعَافِيَةَ فِي عَظْمِي وَالْعَافِيَةَ فِي دَهْرِي (Allāhumma innī as’aluka-l-‘āfiyata fī badanī wa-l-‘āfiyata fī sam’ī wa-l-‘āfiyata fī basarī wa-l-‘āfiyata fī ‘aẓmī wa-l-‘āfiyata fī dahrī)

Artinya: “Ya Allah, aku meminta kepada-Mu keselamatan di dalam tubuhku, keselamatan di dalam pendengaranku, keselamatan di dalam pandanganku, keselamatan di dalam tulangku, dan keselamatan di dalam waktuku.”

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ رِضْوَانَكَ وَجَنَّةَ مَا أَدْرِي وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا أَحْصَى (Allāhumma innī as’aluka ridwānaka wa-jannata mā adrī wa a’udzu bika min sharri mā aḥṣā)

Artinya: “Ya Allah, aku meminta kepada-Mu keredhaan-Mu dan surga yang tidak dapat diketahui. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang tak terhitung jumlahnya.”

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْحِياةَ الْطَيِّبَةَ وَالْمَوْتَ الصَّالِحَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ الْمَسْيِحِ الدَّجَّالِ (Allāhumma innī as’aluka-l-hayāta-t-ṭayyibata wa-l-mawta-sh-shāliha wa a’udzu bika min sharri-l-masīḥi-d-dajjāl)

Artinya: “Ya Allah, aku meminta kepada-Mu kehidupan yang baik dan kematian yang mulia. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan Dajjal.”

Makna Doa Naik Kendaraan Udara

Doa naik kendaraan udara memiliki makna yang luas dan mendalam. Doa ini mengingatkan kita untuk berserah diri kepada Allah dan berdoa untuk perlindungan dan keselamatan selama perjalanan. Doa ini juga mengajak kita untuk mengingat Allah dan menyadari bahwa hanya Dia yang berkuasa untuk menolong kita.

Doa ini juga mengingatkan kita bahwa kita harus memohon kepada Allah agar kita diberikan kehidupan yang ba