Doa Melihat Mayat Beserta Artinya
Doa Melihat Mayat Beserta Artinya

Doa Melihat Mayat Beserta Artinya

Memandangi mayat adalah salah satu hal yang menyedihkan bagi kebanyakan orang. Namun, bagi seorang Muslim, memandangi mayat adalah salah satu tanda penghormatan kepada jenazah yang telah meninggal dunia. Di dalam agama Islam, ada beberapa doa yang disyariatkan untuk dibaca ketika memandangi mayat. Doa-doa tersebut punya arti yang begitu dalam dan harapan yang tinggi bagi jenazah yang telah meninggal dunia.

Doa Ketika Melihat Mayat

Doa yang dibaca ketika memandangi mayat adalah sebagai berikut : “ اللهُـمَّ اغْفِـرْ لَـهُ وَارْحَمْـهُ وَعافِهِ وَاعْفُ عَنْـهُ وَأَكْـرِمْ نَزلَـهُ وَوَسِّـعْ مَدخَـلَهُ وَاغْسِلْـهُ بِالْمَـاءِ وَالثَّـلْجِ وَالْبَـرَدْ وَنَـقِّهِ مِنَ الْخَطَـايَا كَمَا نَـقَّيْتَ الثَّـوْبَ الأَبْيَـضْ مِنَ الدَّنَـسْ”.

Arti Doa Melihat Mayat

Doa ini berarti, “Ya Allah, ampunilah dia, berilah rahmat kepadanya, beri kesembuhan kepadanya, ampuni dia, tempatkan dia pada tempat yang terpuji, luaskanlah pintu masuknya, bersihkanlah dia dengan air, salju, dan es, bersihkanlah dia dari semua kesalahan sebagaimana Engkau telah membersihkan pakaian putih dari kotoran.”

Hikmah Membaca Doa Ketika Melihat Mayat

Menurut para ulama, ada beberapa hikmah yang terkandung dalam doa ketika melihat mayat ini. Pertama, memohon ampun bagi jenazah yang telah meninggal dunia. Kedua, memohon rahmat untuk jenazah yang telah meninggal dunia. Ketiga, memohon kesembuhan untuk jenazah yang telah meninggal dunia. Keempat, memohon agar jenazah yang telah meninggal dunia ditempatkan pada tempat yang terpuji. Kelima, memohon agar pintu masuk jenazah yang telah meninggal dunia ke surga dibuka dan luas. Keenam, memohon kesucian bagi jenazah yang telah meninggal dunia dengan air, salju, dan es.

Manfaat Membaca Doa Ketika Melihat Mayat

Membaca doa ketika melihat mayat bagi orang yang membacanya punya manfaat yang besar. Pertama, mengajak kepada kasih sayang dan toleransi. Kedua, menjadikan orang yang membaca doa ketika melihat mayat lebih bersikap terbuka dan ramah. Ketiga, membuat orang yang membaca doa ketika melihat mayat lebih bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Keempat, menjadi pengingat untuk tidak lupa akan kematian. Kelima, menjadi pengingat bahwa sesungguhnya setiap orang pasti akan mengalami kematian.

Saran Membaca Doa Ketika Melihat Mayat

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar membaca doa ketika melihat mayat menjadi lebih bermakna. Pertama, tekankan konsentrasi dan keikhlasan pada saat membaca doa. Kedua, baca doa ketika melihat mayat dengan lantang dan jelas. Ketiga, baca doa ketika melihat mayat dengan hati yang tenang dan tulus. Keempat, ikuti dengan sungguh-sungguh maksud dan tujuan dari doa ketika melihat mayat yang dibaca. Kelima, baca doa ketika melihat mayat dengan niat yang baik dan ikhlas.

Kesimpulan

Doa ketika melihat mayat adalah salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan oleh Islam. Doa tersebut berisi harapan dan doa yang begitu dalam bagi jenazah yang telah meninggal dunia. Dengan membaca doa ketika melihat mayat, kita diharapkan bisa menjadi lebih bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT dan lebih bersikap terbuka dan ramah.