25 Doa Sehari Hari Beserta Artinya
25 Doa Sehari Hari Beserta Artinya

25 Doa Sehari Hari Beserta Artinya

Doa merupakan cara bagi seseorang untuk menyampaikan keinginannya kepada Allah SWT. Tak peduli apapun keinginan tersebut, mulai dari dipermudahkan urusan harian, mendapatkan keberkahan, hingga memohon agar Allah memberikan rahmatnya. Berikut ini adalah 25 doa sehari hari beserta artinya yang bisa anda lakukan.

Doa Masuk Rumah

Doa masuk rumah merupakan salah satu doa yang biasa diucapkan ketika seseorang memasuki rumah. Doa ini berisi permohonan agar Allah senantiasa melindungi rumah tersebut dan orang yang ada di dalamnya. Berikut adalah doa masuk rumah dan artinya:

“Bismillah, wa ‘ala baraka-tillah, wa salamun ‘alal mursalin walhamdulillahi Rabbil ‘alamin.” (Dengan menyebut nama Allah, dengan berkat Allah, dan salam bagi para utusan-Nya. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam).

Doa Keluar Rumah

Seperti doa masuk rumah, doa keluar rumah juga merupakan salah satu doa yang biasa diucapkan ketika seseorang memutuskan untuk meninggalkan rumah. Doa ini berisi permohonan agar Allah senantiasa melindungi orang yang berada di luar rumah, serta memberikan keberkahan bagi segala aktivitasnya. Berikut adalah doa keluar rumah dan artinya:

“Allahumma inii as’aluka an taj’alal qolbi qoimah, wa taj’alal amri qoimah, wa taj’alal qoloobi qoimah, wa taj’alal qoloobi qoimah, wa taj’alal ma’ashi qoimah, wa taj’alal qoloobi qoimah, wa taj’alal qoloobi qoimah, wa taj’alal yadii qoimah, wa taj’alal qoloobi qoimah, wa taj’alal qoloobi qoimah.” (Ya Allah, aku mohon agar Engkau membuat hatiku kuat, membuat urusanku kuat, membuat perasaanku kuat, membuat kehidupanku kuat, membuat pikiranku kuat, membuat keyakinanku kuat, dan membuat kekuatanku kuat).

Doa Sebelum Makan

Doa sebelum makan merupakan salah satu doa yang biasa diucapkan sebelum memulai makan. Doa ini berisi permohonan agar Allah mengampuni dosa-dosa orang yang melakukannya, serta memberikan rahmat dan keberkahan bagi makanan yang dikonsumsinya. Berikut adalah doa sebelum makan dan artinya:

“Bismillah, Allahumma barik lana fima razaqtana waqina ‘adhaban-nar.” (Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah, berkahilah kami dengan apa yang telah Engkau berikan kepada kami dan jauhkanlah kami dari siksa neraka).

Doa Setelah Makan

Doa setelah makan merupakan salah satu doa yang biasa diucapkan setelah selesai makan. Doa ini berisi permohonan agar Allah membalas baik makanan yang telah dikonsumsi orang tersebut, serta menyampaikan syukur atas makanan tersebut. Berikut adalah doa setelah makan dan artinya:

“Alhamdulillahilladzi at’amana wa saqana wa ja’alana Muslimin.” (Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kepada kami dan memberi kami minuman, serta membuat kami seorang muslim).

Doa Bangun Tidur

Doa bangun tidur merupakan salah satu doa yang biasa diucapkan ketika seseorang bangun dari tidurnya. Doa ini berisi permohonan untuk selalu dijauhkan dari segala bentuk kejahatan dan kemaksiatan, serta menerima bimbingan Ilahi. Berikut adalah doa bangun tidur dan artinya:

“Alhamdulillahi Rabbil ‘alamin. Asyhadu an laa ilaha illallahu wahdahu laa syariikalahu, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluh. Allahumma laka aslamtu wa bika amantu wa ‘alayka tawakkaltu.” (Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Esa dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Aku juga bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, aku berserah pada-Mu, aku beriman kepada-Mu, dan aku bertawakkal kepada-Mu).

Doa Sebelum Belajar

Doa sebelum belajar merupakan salah satu doa yang biasa diucapkan sebelum memulai belajar. Doa ini berisi permohonan agar Allah memberikan kemudahan dalam menghafal dan menguasai ilmu yang dipelajari orang tersebut, serta menyampaikan syukur atas ilmu yang telah diberikan-Nya. Berikut adalah doa sebelum belajar dan artinya:

“Allahumma innii as-aluka min fadhlika, wa rizqika, wa ‘afiyatika, wa qudratika, wa hikmatika, wa ‘ilmuka wa amalka.” (Ya Allah, aku mohon kepada-Mu keutamaan-Mu, rizki-Mu, kesehatan-Mu, kekuatan-Mu, hikmat-Mu, ilmu-Mu, dan amal-Mu).

Doa Sebelum Tidur

Doa sebelum tidur merupakan salah satu doa yang biasa diucapkan sebelum memulai tidur. Doa ini berisi permohonan agar Allah senantiasa melindungi orang tersebut ketika tidur, serta memberikan kesabaran dan kekuatan untuk menghadapi segala permasalahan yang terjadi. Berikut adalah doa sebelum tidur dan artinya:

“Allahumma inii as-aluka an taj’alal qolbi qoimah, wa taj’alal amri qoimah, wa taj’alal qolbi qoimah, wa t