Doa Naik Haji dan Artinya
Doa Naik Haji dan Artinya

Doa Naik Haji dan Artinya

Haji adalah salah satu ibadah dalam agama Islam yang diwajibkan bagi umat muslim yang mampu. Dalam pelaksanaanya, orang yang akan melaksanakan ibadah haji harus berangkat ke tanah suci Makkah, Arab Saudi. Tentu saja, sebelum berangkat dan sesudahnya, orang yang akan melaksanakan ibadah haji harus membaca doa-doa tertentu. Salah satunya doa naik haji dan artinya yang harus diketahui.

Doa Naik Haji yang Dibaca Sebelum Berangkat

Doa naik haji yang dibaca sebelum berangkat adalah sebagai berikut: “Allahumma inni as-aluka berkah haji, wa’afiyatan minal-hajji, wa rizqon tajidahu bihi, wa a’afiyatan minal-mauti, wa a’afiyatan minas-syarri maa yahduruni (ya Allah, aku memohon keberkahan dalam menunaikan ibadah haji, keselamatan selama menunaikan ibadah haji, rezeki yang dapat diperoleh dari haji, keselamatan dari kematian dan keselamatan dari berbagai fitnah yang menimpa).

Doa ini dibaca sebelum berangkat, baik di rumah, di mesjid maupun di bandara. Dengan membaca doa ini, orang yang akan naik haji berharap mendapatkan segala kebaikan dan keselamatan dari Allah SWT.

Doa Naik Haji Setelah Berangkat

Doa yang dibaca setelah berangkat adalah sebagai berikut: “Allahumma inni as-aluka bismillahil adzim, wa tawassulata wata’atil qobliyah, wa tahmilil amri bi-al-khair, wa taqdilil qobliyah bi-akhlaqish sholihah, wa tahmilil amri bi-al-khair, wa tahmilil qobliyah bi-akhlaqish sholihah, wa tatawallani fi al-qobliyah bi-fadhli ‘alaika wa rahmatika ya arhamar rahimin (ya Allah, aku memohon dengan nama-Mu yang Maha Agung, serta memohon keutamaan dan kebaikan di hadapan-Mu, dan memohon pengampunan atas segala kesalahan dan kurangnya kebaikan di hadapan-Mu, dan memohon keutamaan dan keselamatan di hadapan-Mu, dan memohon kemuliaan dan kemuliaan di hadapan-Mu, serta memohon bantuan dan rahmat-Mu ya Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang).

Doa ini biasanya dibaca saat sedang berada di dalam pesawat. Selain berharap mendapatkan keselamatan saat dalam perjalanan, doa ini juga dimaksudkan untuk memohon pengampunan atas segala kesalahan dan kurangnya kebaikan.

Doa Naik Haji Setelah Menunaikan Ibadah

Doa naik haji setelah menunaikan ibadah adalah sebagai berikut: “Allahumma inni as-aluka al-maghfirah, wa al-mahabbah wa al-mu’afiqah wa al-wafiyyah, wa al-jazayah wa al-hilm wa al-hidayah, wa al-istimdatil qobliyah, wa al-ithm wa al-maghfirah, wa al-mahabbah wa al-mu’afiqah, wa al-wafiyyah wa al-jazayah wa al-hilm wa al-hidayah wa al-istimdatil qobliyah wa al-ithm (ya Allah, aku memohon ampunan, cinta, kemenangan, keselamatan, pahala, kesabaran, petunjuk, kemuliaan dan keutamaan di hadapan-Mu, serta memohon pengampunan atas segala dosaku).

Doa ini dibaca saat sedang berada di tanah suci Makkah atau di Madinah. Doa ini mengandung makna untuk memohon ampunan atas semua dosa yang pernah dilakukan. Selain itu, doa ini juga berisi harapan untuk mendapatkan cinta, kemenangan, keselamatan, pahala, kesabaran, petunjuk, kemuliaan, keutamaan dan kemuliaan di hadapan Allah SWT.

Doa Naik Haji Saat Kembali ke Tanah Air

Doa yang dibaca saat kembali dari tanah suci Makkah adalah sebagai berikut: “Allahumma inni as-aluka al-hilm wa al-barakah wa al-‘afiyat fi al-anam wa al-akhlak wa al-‘amal, wa al-hidayah fi al-qobliyah wa al-akhlak wa al-‘amal, wa al-hilm wa al-barakah fi al-anam wa al-akhlak wa al-‘amal (ya Allah, aku memohon kebijaksanaan, keberkahan, keselamatan dalam hidup dan akhlak, petunjuk dalam perbuatan, dan kebijaksanaan dan keberkahan dalam hidup dan akhlak).

Doa ini dibaca saat berada di bandara atau di rumah sebelum berangkat ke tanah air. Dengan membaca doa ini, orang yang baru saja menunaikan ibadah haji berharap mendapatkan kebijaksanaan, keberkahan, keselamatan dalam hidup dan akhlak, petunjuk dalam perbuatan, dan kebijaksanaan dan keberkahan dalam hidup dan akhlak.

Kesimpulan

Doa naik haji adalah doa yang harus dibaca oleh orang yang akan menunaikan ibadah haji. Doa tersebut terdiri dari doa sebelum berangkat, doa saat berangkat, doa setelah menunaikan ibadah haji, dan doa saat kembali ke tanah air. Dengan membaca doa-doa tersebut, orang yang akan naik haji berharap mendapatkan segala kebaikan dan keselamatan dari Allah SWT.